SELAMAT DATANG

Selamat datang di blog pribadiku. Di dalam blog ini Anda dapat menjaumpai berbagai macam pengetahuan di bidang pertanian.
Bagi bloger yang mempunyai tanggapan, silahkan sampaikan komentar Anda.
Selamat menjelajahi .......
Semoga dapat bermanfaat ......

Rabu, 22 September 2010

Peran Pertanian Dalam Penyelamatan Lingkungan



Indonesia memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati, baik dari segi kehutanan, perkebunan, pertanian, peternakan, dll. Di tengah suksesnya Indonesia dalam pembangunan disegala bidang, disaat itu pula kerusakan lingkungan semakin meningkat. Penebangan hutan secara liar, pembakaran hutan semakin mempercepat laju kerusakan lingkungan dan hewan-hewan banyak yang diburu.


Masyarakatlah yang terkena dampaknya, antara lain terjadinya pemanasan global, bencana alam, banjir dan tanah longsor. Mereka kehilangan harta benda dan nyawa. Banjir dengan sampah yang membuat air berubah menjadi berbau, berwarna dan berasa. Wabah penyakit pun bermunculan, antara lain : kulit gatal-gatal, diare, desentri, dan penyakit saluran pernafapan, dll. Bau tak sedap dari timbunan sampah menggangu pernafasan dan merusak keindahan lingkungan.

Bukan hanya itu saja yang terkena dampaknya, melainkan makhluk hidup lainnya pun dapat terkena imbasnya. Pada hewan, lama kelamaan dapat berakibat punahnya satwa-satwa yang berada dihutan.



Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertanian memiliki peran dalam penyelamatan lingkungan. Misalnya dengan cara penghijauan kembali, pemanfaatan lahan kosong untuk ditanami kembali, penggunaan pupuk yang tidak berlebihan, pemanfaatan dibidang perikanan, peternakan, pertanian, dan kehutanan.  Dengan adanya upaya-upaya tersebut, setidaknya dapat mengurangi pemanasan global, karena asap-asap pabrik, kendaraan terserap oleh tumbuh-tumbuhan.



Masyarakat juga memiliki andil dalam proses penyelamatan lingkungan, karena hal inilah yang paling utama  dalam proses penyelamatan lingkungan.  Jangan menunggu diperintah, mulai dari diri sendiri, mulai saat ini. Mari kita selamatkan bumi pertiwi!!! Karena  sekecil  apapun peran masyarakat memiliki makna yang besar dalam upaya penyelamatan lingkungan.





fp elcom
umy
deptan 

3 komentar:

  1. yg berperan andil dalam lingkungan kita sebenarnya kita sendiri.,. mk dari itu marilah kita galakkan penyelamatan bumi dgn cara kita yg baik..

    BalasHapus
  2. saya senang ternyata ada generasi muda cinta pertanian seperti anda.

    BalasHapus
  3. Semua memang haruz ikut....
    Chayo!!!!!

    BalasHapus